Tips Menjadi Mompreneur

admin Selasa, 9 Agustus 2016 Artikel
Dilihat : 451 Kali

Istilah mompreneur pasti sudah tidak asing lagi bagi anda para pengusaha terkhususnya kaum Ibu. Mompreneur adalah istilah dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata, Mom yang berarti Ibu, dan preneur yang diambil dari kata Entrepreneur berarti wirausaha. Jika diartikan mompreneur berarti ibu yang berwirausaha.

Efek yang ditimbulkan oleh istilah inipun juga cukup besar. Efek ini lebih terasa daripada jika kita menggunakan istilah ibu-ibu penjual gorengan, ibu-ibu penjaga warung, ibu-ibu pembatik, atau ibu-ibu tukang cuci/laundry . Karena istilah demikian telah melekat pada pemikiran setiap orang, bahwa memang sudah menjadi fitrahnya seorang ibu bisa membuat gorengan, membatik, dan mencuci. Tetapi berbeda jika mereka dilekatkan dengan istilah mompreneur. Ada yang memandang bahwa seorang mompreneur layaknya wonder women yang mempunyai kekuatan super, karna tentu harus membagi waktu antara mengurusi keluarga dan bisnisnya. Terbayang kan, saat seorang ibu melayani pembeli di warungnya, sang anak merengek minta disuapi makan. Atau seorang ibu tukang laundry yang pelanggannya minta cucian diselesaikan segera, padahal masih ada segunung pekerjaan rumah tangga lain yang juga menanti untuk ditangani.

Tidak sedikit juga mompreneur yang patah semangat karena kewalahan menangani masalah serupa dan usaha yang dibangun kurang sukses. Sebenarnya masalah-masalah tersebut adalah masalah klise yang memang akan dialami seluruh pengusaha (baik bagi seorang ibu maupun bukan). Solusi-solusinya pun bisa kita temukan di berbagai buku entrepreneur, majalah, media sosial, maupun tulisan di blog. Beberapa solusi dan tips yang dapat kita pelajari adalah:

  1. Memulai usaha sesuai dengan passion.
    Memulai bisnis yang sedang happening memang memiliki peluang yang lebih besar untuk maju. Tetapi sekedar itu saja tidak cukup. Mengerjakan sesuatu yang Anda cintai tentunya akan membuat Anda bersemangat dan bergairah untuk memunculkan ide-ide kreatif usaha.
  1. Lakukan komunikasi yang baik dengan keluarga
    Hal ini penting, mengingat sang ibu harus membagi waktunya untuk mengurusi usaha. Namun keluarga tetap harus menjadi prioritas utama. Berikan pengertian kepada anak-anak dengan bahasa yang mudah dipahami bahwa ibu memerlukan waktu untuk mengerjakan hal lain. Jangan lupakan juga berbicara dengan pasangan, dan anggota keluarga lain yang mungkin tinggal di rumah, bahwa Anda memerlukan kesediaan anggota keluarga untuk bekerjasama agar bisnis/usaha dapat berjalan.
  1. Manajemen waktu dan skala prioritas.
    Bekerja memang penting, apalagi jika pilihan menjalankan usaha menjadi penopang perekonomian keluarga yang sangat membantu. Tetapi Anda tetap harus memastikan bahwa keluarga dan rumah telah selesai diurus sebelum Anda melayani pelanggan. Agar tidak berantakan, Anda harus memiliki manajemen waktu yang dibarengi prioritas. Walaupun bekerja di rumah, sebaiknya Anda mengatur jadwal tetap. Seperti jam berapa Anda akan memulai jam kerja sebagai mom dan jam berapa Anda menjadi seorang entrepreneur. Jika perlu catat di buku agenda harian, hal apa yang perlu Anda kerjakan menggunakan skala prioritas penting, sedang, dan tidak/kurang penting. But family always come first.
  1. Belajar dari kegagalan
    Setiap manusia yang berusaha pasti mengalami kegagalan. Jadikan kegagalan pelajaran, bukan sebagai alasan untuk berhenti menekuni usaha yang Anda lakukan. Tidak ada salahnya juga Anda catat kesalahan yang Anda lakukan (misal: kesalahan cara menjalankan SOP) beserta solusi apa yang harus Anda lakukan di masa mendatang.

Demikian sedikit tips yang bisa kami himpun. Selain tips-tips di atas Anda bisa belajar dari banyak mompreneur lainnya melalui forum-forum maupun seminar-seminar. Salah satunya Anda bisa mengikuti pelatihan online yang dikelola oleh ibu Saleha Juliandiyang telah menekuni dan terbilang sukses sebagai penulis dan mompreneur.

PMO ke-13

Program Pelatihan Menulis Online

Info mengenai PMO ini bisa Anda dapatkan melalui artikel “Be A Successful Writer”maupun pada “Be A Successfull Mompreneur”. PMO ke-13 akan dimulai pada bulan September 2016. Pendaftaran bisa dilakukan mulai sekarang dengan mengontak viaSMS/Whatsapp di 085-771-860-444 (Pena Nusantara), atau dapat juga via e-mail ke alamatpena.nusantara@yahoo.com.

Tags: , , , , ,

Beritahu Teman!