Status Facebook 19 November 2016

admin Sabtu, 2 September 2017 Artikel
Dilihat : 11 Kali

bersih-bersihFoto aktivitas murid-murid Jepang di bawah sampai sekarang masih menjadi impian saya untuk Indonesia. Dimana PENDIDIKAN KARAKTER anak digembleng habis dan diutamakan di seluruh sekolah di Indonesia. Termasuk salah satunya dalam membangun tanggung jawab anak dalam menjaga KEBERSIHAN dan FASILITAS UMUM secara bersama-sama.

Tidak mengherankan jika toilet-toilet umum di Jepang sangat bersih dan nyaman. Bahkan, bisa saya katakan sangat nyaman digunakan untuk ruang makan dan tidur (!). Yap, memang demikian toilet di sana karena saking bersih dan nyamannya. Tidak pesing, tidak amis, tidak becek, tidak berceceran tisu (meski tidak ada petugas cleaning service yang menjadi penunggu toilet😁).

Semua anggota masyarakat menjaga kebersihan toilet umum bersama-sama. Tentu, semangat tersebut merupakan buah dari perjalanan panjang pendidikan karakter yang digembleng sejak kecil-yang tergambar pada foto di bawah.

Jepang memang bukan negara yang menjadikan agama sebagai landasan. Tapi, kita patut menyontoh cara mereka agar Indonesia yang beragama ini juga memiliki toilet-toilet yang bersih dan nyaman.

“Selamat Hari Toilet Sedunia. Mari kita jaga toilet umum bersama-sama.”

-Saleha Juliandi-

—–
Catatan tentang nilai2 edukasi di Jepang: setiap harinya, anak-anak SD hingga SMA di Jepang memiliki kewajiban membersihkan sekolah (catat! bukan hanya membersihkan skala “kelas”. Tapi skala “sekolah” termasuk kelas, lorong sekolah, kandang hewan, lapangan outdoor-indoor, hingga TOILET). Tugas membersihkan sekolah tersebut dilakukan SETIAP SISWA dan SETIAP HARI (bukan setiap siswa hanya dapat jatah piket sehari dalam seminggu). Tidak ada yang mengeluh atau diam-diam mangkir dari tugas. Karena guru, orangtua, dan pemerintah bersama2 mendukung dan memotivasinya.

——

Jangan lewatkan Tur Jepang Murah Tapi Gak Asal Murahan bersama kami. Atau dapatkan Produk-Produk Best Seller kami.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Beritahu Teman!