Status Facebook 16 Oktober 2017

admin Jumat, 20 Oktober 2017 Artikel
Dilihat : 22 Kali

Tulisan ini pernah dipublish di FB Saleha Juliandi: https://goo.gl/DFwVuY


Obrolan menarik saya dengan si sulung (3 SMP).

Sulung: “Bunda, beda banget ya temen-temenku di Indonesia dengan temen-temen di Jepang.”

Saya: “Beda bagaimana?”

Sulung: “Kalau temen2 di Indonesia pada males-males. Ngerjain piket harian aja banyak yang menghindar. Padahal cuma seminggu sekali dan cuma piket nyapu kelas. Gimana kalau piketnya setiap hari dan disuruh ngosek WC dan nyikat kolam renang kayak di sekolah Jepang ya.”

Saya: “Lha Mbak Jasmine sendiri gimana? males gak?”

Sulung: “Ya kadang jadi ketularan males sih. Habis banyak yang lempar tanggung jawab jadi aku sendiri yang ngerjain. Dulu pas di Jepang temen2 pada semangat banget ngerjain piket walau piketnya berat-berat. Guru (sensei)ku di Jepang nyuruh kerja baktinya pinter banget. Contohnya waktu itu kan masuk musim panas. Jadi murid-murid harus gotong royong bersihin kolam renang yang segede gaban ukurannya karena mau dipakai untuk kegiatan renang musim panas. Trus banyak temen2 pada bilang ‘iyada.. oki kara taihen da (gak mau…susah ya besar banget kolam renangnya)’. Trus tanggapan sensei begini, ‘wah kamu belum tahu sih rasanya bersihin kolam renang. Seru tahu! Kamu bisa bersihin sambil main seluncuran! Pasti nyesel deh kalau kamu gak mau bersihin kolam renang.’ Wah trus aku dan temen2 langsung berubah pada semangat banget. Dan memang seru. Kita bersihin kolam renang sambil main seluncuran. Sensei juga ikut bersihin kolam renang sambil ngawasin kita-kita. Sama waktu piket ngepel lantai (ngepelnya pakai tangan dan sambil nungging loh bun, bukan ngepel berdiri pakai gagang pel). Sensei bilang begini, ‘ngepel lantai itu seru. Kamu bisa sambil main balap-balapan sama temenmu’. Dan emang seru dan bikin kita semua semangat😊.”

Saya: oo gitu ya wah pantes anak2 Jepang kelihatan rajin-rajin banget. Ternyata gurunya pintar dalam memberikan tugas. Makasih Mbak Jasmine, bunda sharing ceritanya ke teman-teman Bunda, yah😘

(Lagi2, saya banyak belajar dari anak😊)
===
Reminder untuk kita semua (termasuk saya):

Meminta anak mengerjakan tugas berat memerlukan trik cerdas. Siapa sih yang doyan sama tugas berat. Kita yang sudah dewasa saja males kan mengerjakan tugas berat?😄. “PILIHAN KALIMAT” sangat berperan besar dalam memotivasi anak agar giat menyelesaikan tugas dengan sukarela tanpa paksaan dan ancaman. Ternyata yang salah itu bukan anaknya. Tapi cara kita (orangtua/guru) yang tidak pandai meminta anak untuk mengerjakan tugas.

(CatatanSaleha Juliandi,www.salehajuliandi.com)

===
Foto: ukuran kolam renang segede gaban yang dimiliki semua SD di Jepang. Sebesar itu, dibersihkan oleh tangan-tangan mungil anak SD. Tanpa andil petugas cleaning service. Foto diambil darihttps://lifesimplycrafted.com/tag/swimming/.

Tags: , , , , , , , ,

Beritahu Teman!