Profil Saleha Juliandi

Saleha saat Memperkenalkan Indonesia kepada Murid-murid Jepang

Saleha saat Memperkenalkan Indonesia kepada Murid-murid Jepang

Saleha Juliandi adalah seorang ibu dari empat anak, dimana dari ketiga buah hatinya lahir di Jepang. Selama mendampingi suami studi di Jepang, Saleha mempelajari budaya masyarakat Jepang yang sangat islami meskipun mayoritas dari mereka bukan Islam. Seperti budaya mereka yang sangat menjaga kebersihan, jujur, bertanggung jawab, tertib, disiplin, menghormati orang lain, gemar membaca, dan budaya Islami lain yang tidak dimiliki masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sepulangnya ke Indonesia, Saleha tergugah ingin berkontribusi dalam pembangunan karakter (akhlak) bangsa Indonesia dengan menulis buku dan menciptakan produk-produk edukasi ala pendidikan Jepang untuk anak-anak Indonesia. Menurutnya, karakter masyarakat dari sebuah bangsa sangat dipengaruhi oleh model pendidikan yang diterapkan sejak anak-anak. Dengan mencontoh model pendidikan anak di Jepang, ia berharap Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, benar-benar bisa berakhlak islami.

Menurutnya, Jepang bukan negara yang sempurna tanpa cacat. Tapi, jika Indonesia bisa meniru metode-metode positif Jepang dalam mendidik anak, tidak mustahil Indonesia akan jauh lebih unggul ketimbang mereka karena kita memiliki agama.

Beberapa produk edukasi yang telah dilaunching Saleha Juliandi adalah buku Best Seller Pendidikan Anak ala Jepang, Perangkat kreativitas Educolostick, Perangkat My Fun Ramadan Diary, dan buku sulap Magic Science,perangkat Kartu Hitung Cepat ala Jepang. Perangkat motivasi berjudul “Kado untuk Anak Saleh” juga akan segera terbit bekerjasama dengan Elexmedia Komputindo.

Buku lain yang tidak berkaitan dengan edukasi juga pernah Saleha terbitkan, yaitu buku motivasi islami Menghadapi Keresahan Hati, buku inspiratif pasangan menikah Kado untuk Pasutri, buku traveling Best of Kyoto dan Best of Tokyo yang menjadi Best Traveling Book.

Kegemarannya dalam menulis juga memotivasinya mendirikan penerbit buku. Penerbit yang diberi nama Pena Nusantara tersebut hingga saat artikel ini ditulis telah menerbitkan lebih dari 100 judul buku dari penulis-penulis lain.

Selain produk berupa buku, Saleha juga menyediakan jasa layanan Tur Edukasi Jepang. Melalui tur edukasi ini, guru, orangtua, maupun pemerintah bisa melihat secara langsung konsep pendidikan karakter di Jepang sehingga bisa menerapkannya di Indonesia.

Saleha Juliandi bisa dihubungi melalui FB Saleha Juliandi dan email salehajuliandi.secretary@gmail.com.

Beritahu Teman!