Penilaian Status Mutu Sungai dengan Indikator Makrozoobentos

(No Ratings Yet)

Rp100,000

Welcome to Reseller/Dropship (Diskon 7,5 – 10%). Pendaftaran reseller/dropship klik link berikut.

SKU: 0259.
Dilihat : 2.722 Kali
Kategori: , , , . Label , .

Deskripsi Produk

Perkembangan teknik bioassessment untuk evaluasi kondisi kualitas lingkungan maupun integritas biotik ekosistem sungai dengan organisme makrozoobentos telah banyak mendapat perhatian hampir di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu pengetahuan tentang ekologi makrozoobentos, teknik sampling, analisis data, maupun penyajian laporannya layak diperlukan dan butuh pemahaman dan pengalaman tersendiri. Berbagai macam metode penilaian dalam analisis data maupun teknik yang telah digunakan dalam menilai kualitas ekosistem sungai dari yang klasik hanya menggunakan satu metrik tunggal (BMWP, ASPT, indek biotik) hingga melibatkan banyak metrik (multimetrik) atau model prediktif. Disusunnya buku ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi para mahasiswa, peneliti, maupun agensi lingkungan lainnya yang menekuni bidang bioassessment tentang ekologi makrozoobentos, teknik sampling, maupun analisis datanya dari yang sederhana hingga lebih kompleks. Di masa mendatang, merupakan sebuah peluang maupun tantangan dalam pengembangan indek biologi lokal yang dapat disesuaikan dengan kondisi ekoregion setempat, sehingga memiliki nilai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan indeks biologi yang sebagian besar masih mengadopsi dari negara yang beriklim temperate.

Testimoni
Dalam menilai status mutu kualitas air sungai, sering kali kita terjebak hanya pada parameter fisika dan kimia air, yakni via perbandingan dengan baku mutu. Padahal komponen lingkungan akuatik yang sejatinya merasakan dampak langsung dari ketidak-sehatan ekosistem akuatik adalah para penghuni lingkungan akuatik seperti makro dan mikro flora dan fauna yang hidup dalam lingkungan akutik.
Oleh karena itu, hadirnya buku ini kehadapan khalayak ilmiah menggugah kembali sebuah nuansa akan pentingnya menelisik secara seksama komponen biologi akuatik dalam penentuan status mutu kualitas air sungai untuk melengkapi telaahan fisika dan kimia perairan.

Dr. Ir. Hefni Effendi, M.Phil.
Ketua BKPSL (Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan) Indonesia, dan Kepala PPLH-LPPM IPB (Pusat Penelitian Lingkungan Hidup-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat – Institut Pertanian Bogor).

Informasi Tambahan

Penulis

Dr. Jojok Sudarso, S.Si., M.Si. Ir. Yusli Wardiatno, M.Sc. Ph.D.

Ukuran Buku

15 x 21 cm

Tebal Buku

418 halaman

Kertas Isi

HVS 70 gram, BW

Cover

Softcover, Dove, Full Colour

ISBN

978-602-1277-28-7