Pengawasan Melekat di Lingkungan Pendidikan

(No Ratings Yet)

Rp45,000

Studi Kasus di SMP Negeri 9 Jember

Welcome to Reseller/Dropship (Diskon 7, 5 – 10%). Pendaftaran reseller/dropship klik link berikut.

SKU: 0255.
Dilihat : 2.449 Kali
Kategori: , , .

Deskripsi Produk

Sinopsis buku:
Pengawasan Melekat merupakan salah satu unsur terpenting dalam manajemen dan merupakan suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari suatu organisasi. Menurut Kepmen PAN No. 46 Tahun 2004, Pengawasan Melekat adalah segala upaya yang dilakukan dalam suatu organisasi untuk mengarahkan seluruh kegiatan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif, efisien dan ekonomis, segala sumber daya dimanfaatkan dan dilindungi, data dan laporan dapat dipercaya dan disajikan secara wajar, serta ditaatinya segala ketentuan yang berlaku. Dalam lingkungan kependidikan, pengawasan melekat mutlak diperlukan dan merupakan suatu kewajiban bagi pimpinan instansi pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas tenaga kependidikan agar dapat bersaing dalam lingkup persaingan global.

Buku ini diterbitkan dengan maksud untuk menunjang upaya pemerintah dalam memasyarakatkan dan membudayakan Pengawasan Melekat (built-in control) di lingkungan aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas tugas umum pemerintahan dann pembangunan, yang dari tahun ke tahun efisiensi dan efektifitasnya harus terus ditingkatkan. Dimana program pengawasan melekat merupakan kewajiban bagi setiap pimpinan sebuah instansi pemerintahan atau pendidikan agar instansi atau organisasinya dapat melaksanakan tugas dan kewajiban secara efektif dan efisien. Di lingkup pendidikan, pengawasan melekat menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pimpinan instansi pendidikan guna meningkatkan kualitas tenaga kependidikan (guru, pegawai sekolah), sarana prasarana, dana dan fasilitas fasilitas sekolah lainnya guna menjadi sekolah yang kompetitif dan unggul. Kondisi ini menunjukkan bahwa pengawasan melekat yang telah dilakukan masih perlu ditingkatkan, antara lain dengan menjadikan Pengawasan Melekat sebagai kegiatan pokok dan Pengawasan Fungsional serta Pengawasan Masyarakat sebagai penunjang. Dengan demikian diharapkan bahwa dengan berfungsinya pelaksanaan Pengawasan Melekat secara maksimal, akan ikut memberikan sumbangan bagi terwujudnya aparatur pemerintah dan pendidikan yang bersih dan berwibawa.

Pengawasan melekat tidak hanya diidentikkan sebagai Pengawasan Atasan Langsung (PAL) saja, tapi Pengawasan Melekat juga mencakup Sistem Pengendalian Manajemen (SPM), dimana kegiatan pengawasan juga mencakup diantaranya tentang pembentukan struktur organisasi, pembinaan personel, perencanaan, kebijakan sekolah dan pencatatan serta pelaporan aktifitas akademik.

Untuk itulah buku kecil dan sederhana ini diterbitkan, yang diharapkan akan mampu membantu para pimpinan / atasan satuan organisasi / unit kerja di lingkungan pendidikan dalam usaha memahami dan menjalankan pengawasan melekat sebagai salah satu fungsi manajemen yang menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu, isi buku ini tidak sekedar dirancang dan diperuntukkan bagi pimpinan / atasan tingkat tinggi, tetapi juga bagi mereka yang berada di satuan organisasi / unit kerja terendah di lingkungan pendidikan.

Informasi Tambahan

Penulis

Kurnia Amirullah, S.Sos

Ukuran Buku

15 x 21 cm

Tebal Buku

viii + 179 halaman

ISBN

978-602-1277-34-8