Artikel

Penulis Konvensional VS Penulis Entrepreneur

admin Jumat, 5 Desember 2014 Artikel
Dilihat : 463 Kali

Oleh: Trina Tri Nawangsih Tidak hanya di dunia usaha, jiwa entrepreneurship juga seharusnya dimiliki oleh seorang penulis. Entreprenuer artinya adalah orang-orang yang memiliki aktifitas wirausaha yang dicirikan dengan bakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi atau langkah untuk pengadaan produksi serta memasarkannya. Kebanyakan orang berpikir wirausahawan hanya terbatas pada orang-orang yang menjual produk dan ini sering dikaitkan dengan orang-orang yang berbakat menjual atau memasarkan produk fisik, bisa berupa bahan makanan, produk kosmetik dan fashion, otomotif, gadget dan...

Tips Menulis Cerita Anak

admin Selasa, 2 Desember 2014 Artikel
Dilihat : 378 Kali

Oleh: Susanti Hara Jv Dunia kanak-kanak kita, dunia yang penuh imajinasi. Sayangnya, makin beranjak dewasa dunia imajinasi pun perlahan terkikis logika. Hingga jalan pikiran yang masuk bernama logika ini lebih menguasai keseharian dengan pernyataan masuk akal atau tidak, maupun benar dan salah. Cerita anak yang kita tahu cukup luas, berkembang dari ide imajinasi maupun pengalaman penulisnya ketika masih kanak-kanak. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi seseorang untuk berkata, Saya tidak bisa menulis cerita anak. Toh, kita diberi akal pikiran, daya...

Tips Menulis Buku Ketrampilan

admin Senin, 13 Oktober 2014 Artikel
Dilihat : 373 Kali

Oleh: Dwi Rahmawati Punya keahlian berkreasi dengan barang bekas, dan kertas? Anda punya keterampilan dan ingin membukukannya? Yuk, menulis buku keterampilan yang berisi tutorial cara membuat aneka kreasi tersebut. Saya yakin anda pasti bisa. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman menulis buku keterampilan. Ini pengalaman saya setahun yang lalu saat ada sebuah agensi naskah mencari penulis buku keterampilan origami. Bermodal keberanian saya pun mengikuti audisi tersebut. Setelah bersaing ketat bersama puluhan outline, akhirnya proposal saya yang disetujui. Senang rasanya,...

LOMBA MENULIS KISAH INSPIRATIF MENYAMBUT HARI ANAK NASIONAL OLEH PENERBIT PENA NUSANTARA DAN BUKUTANG.

admin Jumat, 13 Juni 2014 Artikel
Dilihat : 313 Kali

Bahagia, ceria, lincah, penuh semangat identik dengan dunia anak. Setiap dari kita memiliki kenangan dan kisah pada masa kanak-kanak, mulai dari hal-hal menyebalkan hingga paling membanggakan. Dari yang membosankan hingga menjadi sebuah impian. Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, kami mengajak kalian untuk menceritakan kisah inspiratif yang melibatkan pengalaman pribadi kalian saat masih kecil dulu. Bisa juga menceritakan tentang kisah teman kalian saat masih kecil yang sampai sekarang masih selalu diingat karena sangat menginspirasi. Boleh juga kisah yang menyedihkan asal...

MATI

admin Selasa, 13 Mei 2014 Artikel
Dilihat : 266 Kali

Oleh: Saleha Juliandi Dulu waktu akan pulang ke Indonesia, hampir semua barang/perabotan rumah kami berikan ke tetangga. Karena memang tidak mungkin dibawa ke Indonesia. Biaya kirimnya kurang lebih sama jika beli baru di Indonesia hehe.. Lagipula packing-nya ribet. Suami saya orangnya suka yang simpel, gak mau repot. Udah, kasih aja semua ke Brother Koseem, begitu katanya. Brother Koseem adalah tetangga kami dari Thailand. Kebetulan mereka belum lama tinggal di Jepang dan masih memerlukan banyak sekali perlengkapan rumah. Dari sepedanya anak-anak...

10 Naskah Pilihan Tahap 1 Lomba Cerpen Remaja Bertema Perempuan…Kamu Pasti Bisa!

admin Rabu, 7 Mei 2014 Artikel
Dilihat : 221 Kali

1. Gluck Fraulein + Penaku bertemu Pena 2. Olifvia Monica + Bianca 3. Rokhmat Gioramadhita + WB (from Warga Belajar to be Wiyata Bhakti) 4. Trywulan Cahyani + Bermodal Mimpi Apapun Jadi 5. Jati Setyarini + Dari Putih Biru hingga ke Putih Abu-abu 6. Mei Wulandari + Perempuan Desa Bisa Menggapai Cita 7. Apie Gumilang + Jejak Sebatang Kara 8. Meykke Santoso + Selalu Ada Jalan Untuk Bulir-Bulir Mimpi 9. Rahmatul Husni + Dilema Kuliah dan Ujian di Titik Nadhir...

Bersyukur: Depend on Perception?

admin Senin, 7 April 2014 Artikel
Dilihat : 28 Kali

Ditulis Oleh: Saleha Juliandi Kalau diperhatikan, di ujung sana ada botol minuman mineral yg entah dibuang sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam kolam. Bagi yang sedang lupa bersyukur, maka dia akan berkonsentrasi pada satu botol sampah itu untuk menggerutui dan menyimpulkan bahwa kolam itu kotor. Tapi bagi yang sedang tidak lupa bersyukur, dia akan lebih berkonsentrasi terhadap bagian yang bersih. Sedangkan satu botol yg terbuang di sana sebagai cambuk/motivator untuk menjadi pribadi yg lebih baik lagi. *Foto di ambil...

~ Dekat di Mata, Jauh di Hati ~

admin Senin, 7 April 2014 Artikel
Dilihat : 201 Kali

Sumber Cerita: Saleha Juliandi Saat suami ke Jepang dua minggu yang lalu, dia berkenalan dengan teman baru asal Italia di laboratoriumnya. Dia ini, katanya bersemboyan hidup ingin menghabiskan hidupnya untuk berkelana ke seluruh dunia. Bekerja di laboratorium sebagai researcher hanya bertujuan ingin mengumpulkan uang saja. Setelah uang terkumpul, akan dia habiskan (lagi) untuk bertraveling mengelilingi dunia. Saat suami saya bertanya, “Dari sekian banyak negara yg pernah kamu kunjungi, mana yang paling berkesan bagimu?” Suami saya yakin bahwa jawabannya adalah Jepang,...

~ Anti Kalimat Itu ~

admin Jumat, 28 Maret 2014 Artikel
Dilihat : 224 Kali

Sumber Cerita: Saleha Juliandi Beberapa bulan yang lalu, sebelum pulang ke tanah air, si sulung ketakutan. Dia BENAR-BENAR tidak mau pulang ke Indonesia. Takut nggak bisa ngikuti pelajaran di Indonesia yang katanya jauh lebih sulit ketimbang pelajaran di Jepang dan ketakutan2 lainnya. “Aku nggak mau pulang ke Indonesia. Aku ntar gak bisa dan paling bodoh. Katanya pelajaran di Indonesia kan susah2.” Hmm.. Saya paling nggak suka setiap dia bilang kalimat2 itu. Kalimat2 yg mengandung pesimisme dan ketidakpercayaan kepada Allah: GAK...

~ Sukses ~

admin Selasa, 25 Maret 2014 Artikel
Dilihat : 233 Kali

Sumber Cerita: Saleha Juliandi Beberapa bulan yang lalu sebuah media muslimah Fahima di Jepang mewawancarai saya. Mereka mewawancarai tentang wirausaha (penerbitan) ini, yang saya dirikan sejak saya masih menetap di Jepang dulu. Sejak wawancara tersebut, beberapa muslimah Indonesia yang tengah menetap di Jepang mengirimi saya email. Mereka mengaku bahwa sejak membaca artikel tersebut, termotivasi ingin mendirikan usaha juga dari jarak jauh. Alhamdulillah beberapa pebisnis muslimah Indonesia kini mulai bermunculan di negeri sakura :). Umumnya mereka adalah para ibu rumah tangga...

LOMBA MENULIS UNTUK REMAJA

admin Sabtu, 15 Maret 2014 Artikel
Dilihat : 230 Kali

Tema: Perempuan…Kamu Pasti Bisa! Mimpi, setiap dari kita memiliki mimpi. Mimpi yang hadir sering menjadi cambuk yang terus memanas, membuat kita ingin menggapai cita-cita. Naah, dalam rangka memperingati Hari R.A. Kartini, kami ingin mengajak para remaja untuk menceritakan bagaimana kisah perjuangan dan perjalanan kalian dalam menggapai impian di era modern saat ini. Seperti R.A.Kartini yang akhirnya bisa mewujudkan impiannya. Dalam lomba ini, kalian bisa menuliskan kisah tentang perjuangan kalian ketika berusaha masuk ke sekolah favorit, ketika menghadapi ujian, ketika tidak...

Testimoni Buku: “Indonesia Bersyukur, Suatu Renungan dari Sebuah Buku”

admin Senin, 20 Januari 2014 Artikel
Dilihat : 214 Kali

Sumber Testimoni: http://sekedarcoretanbermakna.wordpress.com/2013/11/17/502/ (Tulisan asli, tidak diubah sedikitpun oleh tim redaksi Pena Nusantara) Memulai tulisan ini izinkan saya menulis kutipan dari Aidh Al-Qurni, saya rasa kutipan ini sedikit mewakili isi dari buku ini, Orang yang tidak pernah memuji Allah atas nikmat air dingin yang bersih dan segar, maka ia akan lupa kepada-Nya jika mendapatkan istana yang indah, kendaraan yang mewah dan kebun-kebun yang penuh dengan buah-buahan ranum. Bagaimana anda mensyukuri yang banyak, jika mensyukuri yang sedikit saja tak mampu Alangkah...

Balas Dendam

admin Senin, 9 Desember 2013 Artikel
Dilihat : 333 Kali

Ditulis Oleh: Ade Tuti Turistiati   Apakah Anda sedang merasa sebal, kesal, benci dengan seseorang? Merasa dikhianati, dimanfaatkan (dalam konteks negatif)? Terus Anda berpikir untuk membalas dendam atau dengan bahasa halusnya ingin memberi pelajaran pada orang yang menurut Anda sebagai biang keladinya. Tidak cukup berpikir dan berdialog dengan diri sendiri Anda pun berbagi perasaan dengan membuat status di FB yang ujungnya berbunyi : orang kaya begitu mesti diapain ya ? Setelah status diposting berhamburanlah komentar dari FB friends Anda mulai...

Istiqomah dalam Tujuan Hidup

admin Senin, 11 November 2013 Artikel
Dilihat : 229 Kali

Ditulis oleh: Saleha Juliandi Waktu mahasiswa dan sebelum menikah dengannya dulu, saya pernah bertanya begini padanya, “Nanti setelah lulus, mau kerja apa?” “Dosen,” begitu jawabnya. Ternyata benar. Setelah lulus dan menikahi saya, dia langsung mengabdi sebagai dosen, walaupun dimulai sebagai dosen honorer. Selama 7 tahun suami menjadi dosen honorer di IPB. Kalau boleh jujur, tujuh tahun adalah waktu yg cukup panjang bagi kami bertahan dalam keterbatasaan. Saya dan keluarga besar sempat meminta suami mencari pekerjaan di tempat lain yg “lebih...

Berbicara atau Berkomentarlah yang Baik atau Diam

admin Jumat, 1 November 2013 Artikel
Dilihat : 156 Kali

Oleh: Ade Tuti Turistiati Mari kita bandingkan 3 kalimat pertama dengan 3 kalimat berikutnya: … 1. Bu Marni itu cantik tapi sayang badannya gemuk. 2. Ustadz itu tausiyahnya bagus dan menyejukkan tapi sayang dia punya masa lalu yang kelam. 3. Anak kecil itu pintar tapi kadang susah diatur. __ a. Bu Marni itu badannya gemuk tapi dia cantik b. Ustadz itu punya masa lalu yang kelam tapi tausiyahnya bagus dan menyejukkan c. Anak kecil itu kadang susah diatur tapi dia...

Molly Bondan (Penerjemah Pidato Presiden Soekarno), Menulis Sampai Akhir Hayat

admin Kamis, 29 November 2012 Artikel
Dilihat : 364 Kali

Oleh Ade Tuti Turistiati, Nara Sumber : Alit Bondan Posisi penerjemah bisa jadi kurang populer karena dia sering berada di balik layar. Namun demikian, kedudukan penerjemah menjadi sangat penting karena dia harus dapat mengungkapkan apa yang tersurat dan yang tersirat dalam suatu tulisan dengan baik dan benar sehingga apa yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh orang lain yang membaca atau mendengarkan terjemahannya. Adalah Molly Bondan, penerjemah pidato presiden Soekarno yang mungkin namanya sangat jarang kita dengar. Beliau memegang peranan penting...

Islands of the Golden Heritage : INDONESIA

admin Kamis, 29 November 2012 Artikel
Dilihat : 838 Kali

By Molly Bondan Once there was a land that reached down from Asia to the north of Australia, sometimes stretching further south and west, sometimes broken up as the earths crust crumpled and land masses slowly shifted and were weathered away and broken down in the inexorable march of time. When Europe lay cold in wastes of ice, scoured by glaciers, what was left of that old land lay steaming in tropical down-pours, with great river valleys running east and...

Bagaimana Sih Menulis Ala ‘Chicken Soup’?

admin Kamis, 12 Juli 2012 Artikel
Dilihat : 311 Kali

Sebenarnya, istilah chicken soup berasal dari judul buku yang dulu pernah meledak sekitar tahun 90-an. Buku tersebut mempunyai beberapa seri, salah satunya adalah Chicken Soup for The Couple’s Soul. Buku itu mengangkat kisah cinta dari pasangan-pasangan yang saling mencintai (antara laki-laki dan perempuan). Buku tersebut sangat inspiratif, sehingga mampu membuat para pembacanya berlinang air mata dan mengingat setiap kisah yang disuguhkannya. Berikut saya share tips singkat menulis ala chicken soup: 1. Ambillah hanya 1 kejadian kecil yang SPESIFIK di antara...

Page 3 of 3:« 1 2 3