7 Fakta Unik Natto Si Makanan Ajaib, Nomor 6 Bikin Anda Terkejut

admin Sabtu, 17 Agustus 2019 Artikel
Dilihat : 38 Kali

Jika Anda berkunjung ke Negeri Sakura, tak lengkap jika tidak berkulineran. Aneka macam masakan yang disajikan sungguh lezat dan sehat. Namun tahukan Anda jika Jepang memilki makanan tersehat di dunia? Ya, Natto namanya. Makanan tradisional Negeri Sakura ini dibuat dari fermentasi kedelai dengan bantuan bakteri Bacillus Subtilis.

Makanan ajaib ini kaya akan sumber probiotika dan protein yang baik bagi tubuh serta pencernaan. Pada jaman dahulu makanan ini merupakan sumber gizi yang paling utama setelah miso.

www.ny.us.emb-japan.go.jp
livejapan.com

Tak banyak yang menyukai makanan ini karena teksturnya yang lengket dan berbau menyengat.

Memegang prinsip hidup sehat makanan ini menjadi primadona di Jepang. Bahkan ada fakta-fakta unik dibalik makanan ajaib ini. Nah, tentunya Anda penasaran bukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kandungan gizi dan protein yang melimpah

Meski tampilan makanan ini terlihat tak sedap, namun jangan salah! Ternyata si biji kedelai fermentasi ini memiliki kandungan gizi yang melimpah, lho. Di dalam 100 gram natto terdapat protein, kalsium, zat besi, juga nol lemak jenuh. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang ringan yakni, 212 kalori. Bagi Anda sedang menjalankan diet, makanan ini bagus pula dikonsumsi. Selain ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan Anda.

2. Pembuatannya tidak disengaja

Konon makanan ini terbuat atas ketidaksengajaan. Dahulunya di masa Uesegi Kenshin, tahun 1500-an terjadi perang. Perang merata dan menyebar kemana-mana. Namun, ketika perang usai, kedelai-kedelai yang mereka simpan telah membusuk serta mengeluarkan lendir lengket saat diaduk.

Akan tetapi, karena persediaan makanan yang saat itu masih terbatas kedelai tersebut terpaksa dijadikan alternatif makanan untuk dikonsumsi. Ternyata, si kedelai ini memiliki tekstur rasa yang memikat di lidah mereka, dan akhirnya makanan ini tetap dikonsumsi hingga sekarang.

3. Paling pas disajikan saat sarapan

Kedelai fermentasi ini paling cocok disantap saat sarapan tiba. Biasanya cara menghidangkan makanan ini cukup sederhana. Yakni, dengan mencampur semangkuk nasi dengan natto yang ditambahkan kecap asin maupun telur mentah. Wah, Anda penasaran bukan bagaimana rasanya?

Penasaran dengan rasa natto ini? Nah, Anda bisa ke Jepang melalui Saleha Juliandi Creative Tour. Tur yang diprakarsai oleh penulis buku “Pendidikan Anak ala Jepang” ini populer dengan tur yang amanah, jujur, dan berpengalaman.

Tak hanya itu, Tur ini juga sangat ramah muslim. Karena peserta muslimnya akan difasilitasi serta dipandu dalam memilih makanan halal serta disediakan waktu untuk sholat.

Apalagi biayanya terjangkau dan dapat dicicil tanpa bunga? Wah… tentunya ini agen travel yang recomended banget ya! Kapan lagi, fasilitas lengkap dengan waktu sholat yang kadang kita terburu-buru untuk melakukannya? Harga terjangkau serta telah berpengalaman bertahun-tahun!

4. Natto memiliki haters

Fakta unik ke-4 ialah tidak semua orang menyukai makanan ini. Meski memiliki kandungan gizi melimpah, faktor bau yang menyengat membuat natto mempunyai haters. Namun, seiring berkembangnya jaman, natto yang dipasarkan di Jepang kian banyak yang tidak berbau. Sehingga hal ini merupakan kabar baik bagi yang tidak suka mengonsumsi makanan ajaib ini karena aromanya.

5. Menghasilkan enzim nattokinase

Nattokinase ialah suatu enzim (protein yang dapat mempercepat reaksi biokimia).  Terkandung dalam fermentasi kedelai yang biasa disebut Natto. Uniknya lagi, Anda tidak akan menjumpai nattokinase ini pada makanan kedelai selain natto. Tahukah Anda, makanan ini juga telah digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit jantung serta sistem peredaran darah ( penyakit kardiovaskular ) bahkan lebih dari ratusan tahun lamanya. Selain itu natto juga dapat berfungsi melarutkan gumpalan-gumpalan darah.

6. Natto jadi produk Saingan keju di Jepang

Bagi Anda penyuka keju, tentunya makanan ini adalah makanan terlezat didunia. Tapi, tunggu

s3.amazonaws.com

dulu ternyata si kecil natto ini merupakan pesaing berat si keju nan lezat itu, lho. Wah, kenapa begitu ya?

Ternyata alasannya banyak produsen di Jepang yang menganggap produksi natto ini merupakan cara terbaik guna mencegah berkembangnya produksi keju. Tentunya diimbangi dengan menghadirkan dan memperbanyak aneka kreasi serta inovasi pada natto.

7. Natto disebut-sebut dapat mencegah penyakit alzheimer

Tak banyak yang tahu, jika Natto ternyata mampu mencegah penyakit Alzheimer (pikun). Makanan yang memiliki kandungan zat besi, kalsium, magnesium, protein, kalium dan vitamin lainnya. Proses fermentasi kedelai inilah yang membuat olahan makanan ini mengandung banyak bakteri basilus yang faktanya baik untuk otak. Bahkan, banyak lagi fungsi kesehatan lainnya, lho!

Nah, itu dia 7 fakta unik, natto si makanan ajaib. Bagaimana menurut Anda, yakin tak mau coba? Yuk, kunjungi info lengkapnya di Saleha Juliandi Creative Tour, dapatkan beragam info menarik lainnya!

Penulis : Tiara Ispandrini

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Beritahu Teman!
BERITA TERKAIT